Smiley

6:00:00 PM
2
Dzun-Nun, demikian Ibn Katsir menulis apa adanya tentang ikan yang menelan Nabi Yunus 'alaihissalam. Dalam memberikan tafsir ayat ke 87 surat Al anbiya'. Mengambil dasar dari penjelasan Ibn Mas'ud radhiyallahu 'anhu yang mengindikasikan perintah Allah  untuk memenjarakan Sang Rasul di dalam perut Sang Ikan. Sedemikian agar tidak ada tulang yang retak atau daging yang lumer. Bagaiman bisa terjadi? Allah  yang membuat semua hukum dalam alam semesta, kuasa pula merevisi dalam beberapa syarat.

Masih ingat Newton dengan gaya gravitasi? Apakah Newton yang menemukan gaya gravitasi? Atau dia hanya menemukan sebuah hukum Allah  dan kemudian menamainya. Ya, orang mulai juga menamai sesuai dengan penemu pertama tersebut. Hal ini tentu berbeda dengan beberapa kisah dalam banyak novel. Yang mengisahkan seorang bernama James Bartley, 1870-1909. Kisah ini dianggap cukup melegenda, memecahkan rekor manusia yang masih tetap hidup setelah ditelan oleh seekor whale.

Swallowed by a Fish
ycaol.com
Dia adalah seorang kelasi magang pada sebuah ekspedisi whaler, Februari 1891, ketika ikan besar itu menelannya hidup-hidup di sekitar pulau Falkland (South Atlantic). Kapal yang ditumpanginya, the Star of the East, kemudian ditemukan oleh Edward Davis yang memiliki dedikasi untuk menguak sejarah Yunus Modern tersebut. Sayangnya, dia bukanlah sebuah Whaling Vessel. Dan tidak ada nama James Bartley dalam daftar kru kapal tersebut. Maka kisah The Swallowed Man ini tinggal menjadi kisah penuh rekayasa, semacam a Fish Story untuk ketenaran belaka.

The Naked Scientiest yang memahami karakter Sperm Whale sebagai paus yang mungkin dapat menelan manusia menyanggah kemungkinan manusia hidup setelah masuk ke dalam perut. Karena gas yang paling nyata ada dalam chamber perut paus adalah gas methane. Dalam kenyataan, manusia tidak dapat bernafas dalam kondisi ruangan seperti itu. Tambahan pula enzym pencernaan yang ada dalam tiap chamber ikan tersebut.

Jadi, bersikap menerima terhadap pemberitaan sunnah dari Rasul  memang dapat berbuah manis. Kita tidak tahu jenis ikan apa yang menelan Sang Rasul. Yang kita fahami adalah, Allah  telah mengatur kejadian ini sebagai fakta yang tetap menjadi rahasia. Gelap di dalam perut ikan yang tidak kita ketahui ukurannya, atau bagaimana ikan tersebut dapat menjalankan perintah Allah  tanpa merusak jasad Sang Rasul. Berita-berita dalam kejadian, adalah fakta yang hanya diketahui atas izin Allah . Tanpa ilmu dariNya, kita sedang ketidakpastian yang lebih nyata.
 

2 Komentar:

  1. wah, berarti kisah nabi yunus memang benar terjadi, karena bisa dibuktikan secara science ya? :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi, tetapi kisah yang berkembang kan ditelan ikan paus. Secara ilmiah, kecil kemungkinan bisa menelan manusia. Karena kita memang tidak pernah tahu ukuran ikan yang menelan Nabi Yunus 'alaihissalam. :-)

      Hapus