Smiley

2:10:00 PM
0
Ikrimah ibn 'Amr ibn Hisyam, cahaya setelah kegelapan itu pernah berkisah, "adalah yang tenggelam di dalam lautan, ikan memakan dagingnya hingga tersisa tulang saja. Tulang-tulang ini kemudian ditepikan oleh laut. Dan kemudian terurai dan keropos. Dan unta yang terlewat kemudian memakannya." Bagaimana Allah ﷻ akan membangkitkan makhluk yang terserak tersebut? Namrud juga pernah membantah Nabi Ibrahim 'alaihissalam, sehingga Sang Kekasih Allah berpinta menjadi saksi.

Kita, entah berapa kali terganggu oleh bisikan setan tentang hari kebangkitan. Ikrimah radhiyallahu 'anhu mengisahkan mayat yang terurai sedemikian rupa itu kepada Aban radhiyallahu 'anhu. Untuk menjelaskan apa yang dimaksud oleh Allah  dalam surah az Zumar, ayat ke 68, "ثم نفخ فيه اخرى فاذا هم قيام ينظرون." Ketika hari kebangkitan telah datang bersama tiupan terompet malaikat Israfil. Menyelisihi apa yang selalu disangsikan oleh pengingkar hari akhir. Dalam banyak ayat yang jelas maknanya, sebagai bukti Allah  maklum dengan keraguan manusia.

Doa Nabi Ibrahim 'alaihissalam pun telah diabadikan oleh Allah  sehingga kita mendapat hikmah yang besar. Barangkali, hanya beliau dan 'Uzair 'alaihissalam yang telah dekat kepada Allah , beroleh kesempatan. Karena keistimewaan yang diberikan Allah , kepada hambaNya yang terpilih (hak Allah ). Sedang bagi kita, menjadi ujian keimanan yang amat berat. Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, telah menyimpan hikmah itu dari Nabi  untuk kita. Ketika beliau  bersabda, "nahnu ahaqqu bi asysyakki min Ibrahiimi 'alaihissalam." Menggambarkan bagaimana kita mendapat amanah yang berat dalam keimanan.

Bangkit dari Kematian
segiempat.com
رَبِّ أَرِنِى كَيْفَ تُحْىِ الْمَوْتَى قَالَ أَوَلَمْ تُؤْمِن قَالَ بَلَى وَلَـكِن لِّيَطْمَئِنَّ قَلْبِى
Allah ﷻ pun berjawab tentang keraguan Nabi Ibrahim 'alaihissalam, "apakah kamu tidak beriman?" Betapa tegas bantahan Allah  tentang kuasaNya, yang mudah membangkitkan yang mati dan telah berserak itu. Kembali utuh pada hari kebangkitan yang tidak ada keraguan akan masanya nanti. Allah  kemudian memberikan perintahNya, untuk menyembelih empat ekor burung. Demikian hingga daging-daging itu juga berserak, sementara Nabi Ibrahim 'alaihissalam memegang kepala masing-masing burung di tangan.

Allah  benar-benar memperlihatkan bagaimana campuran bagian tubuh burung itu kembali utuh. Sesuai dengan keadaan sewaktu hidup, hingga setiap burung terbagi dalam kepala-tubuh yang lengkap. Nabi Ibrahim 'alaihissalam kemudian memberikan kepala yang berbeda, namun ditolak oleh tubuh-tubuh tanpa kepala itu. Karena Allah  telah memerintahkan burung-burung untuk kembali pada apa adanya semula. Tidak juga bulu, atau yang lebih kecil dan ringan dari itu, sesuai awalnya.

Dalam meringankan beban Nabi Ibrahim 'alaihissalam atas bisikan setan tersebut, Allah  juga mengajarkan kepada kita hikmah. Nabi  juga tiada sama dengan Nabi Ibrahim 'alaihissalam. Sebagaimana yang terjadi pada kita, sesuai apa yang direncanakan Allah  untuk hambaNya. Contohlah bagaimana Allah  memanggil Nabi  untuk menghadap di sidhratul muntaha, dalam penugasan ibadah shalat. Ilmu Allah meliputi segala sesuatu, kepada siapa amanah diberikan dengan tepat. Jika yang telah menjadi debu Allah  merasa mudah, apalagi tulang rusuk yang bentuknya indah, ya.

Ah, kalau masalah tulang rusuk memang pelik juga, meski bagi mukmin yang telah melewati ujian hari berbangkit. Kesendirian, kadang menguatkan bisikan setan. "Mungkin dengan pacaran lebih cepat, ya." Jika yang ini lolos, ada juga bisikan yang lebih halus. Hubungan tanpa status sepertinya aman, teman tapi mesra. Yang penting masih saling mengingatkan apa yang dilarang oleh Allah . Memang itulah tabiat bisikan setan, tidak mengapa dengan yang sangat halus. Asal terus menerus menjadi besar, kemudian kita lupa. Duh ...

0 Komentar:

Posting Komentar