Smiley

7:00:00 AM
2
Ummul Mukminin 'Aisyah radhiyallahu 'anha pernah mengabarkan, manusia terlahir dengan 360 rangkaian persendian. Kekayaan yang tidak ternilai harganya tersebut akan terasa ketika seseorang menderita arthritis, atau radang sendi. Terutama di masa tua, ketika menggenggamkan tangan begitu sulit untuk dilakukan. Arthritis sendiri menurut about.com ada sekitar 100 varian, dan hanya beberapa yang familiar bagi kita. Seperti osteoarthritis yang sering menyerang kita di usia lanjut.

Hadits tersebut termaktub dalam kumpulan Shahih Muslim (no. 1675), lengkap dengan solusi sedekah yang bisa kita lakukan sebagai Muslim. Medis dalam mempelajari penyakit arthritis belum sampai kepada tahap final penyebab pasti yang menyebabkan serangan radang sendi. Selain gejala kelainan yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang kita (human tissue). Penyebab yang sudah dirangkum hingga sekarang adalah faktor genetis, hormonal, dan lingkungan.

Mungkin kita lupa dengan sunnah rasul , karena kagum dengan kemajuan teknologi medis saat ini. Tanpa sadar abai dan sombong terhadap keterbatasan ilmu kesehatan dalam menjangkau seluruh tubuh manusia. Peradangan karena serangan imun kita, adalah contoh kecil bahwa manusia tergantung kepada Allah . Sejauh umur melangkah, harta kekayaan yang berupa keleluasan gerak sendi itu dianggap biasa. Tidak salah jika kemudian di masa tua kita yang dikabarkan akan semakin lemah itu, Allah ﷻ mencabut nikmat persendian.

 

Bagaimana jika sudah terjadi, dan serangan sudah datang? Tidak ada jaminan serangan radang sendi menjauh dengan usia muda. Secara umum, di usia pertengahan sudah ditemukan pasien arthritis. Bahkan juga anak-anak. Mencegah memang lebih baik, namun bila telah ditakdirkan untuk menderita radang sendi kita harus tetap dalam ranah positif. Karena setiap rasa sakit dari seorang muslim, adalah penggugur dosa-dosa. Yang bisa dilakukan adalah berusaha untuk mengurangi gejala dan intensitas serangan yang terjadi.

Salah satu caranya adalah diet sehat tanpa sayuran nightshade. Apa saja jenis sayuran yang masuk dalam kategori ini? Jumlah varian tanaman nightshade sangat banyak, sekitar 2800 dari famili nabati Polimoniale dan Solanaceae. Di antaranya yang sering hadir dalam menu sehari-hari adalah kentang, tomat, paprika, paprika manis dan pedas, cabai paprika, terong. Dalam beberapa daun dari tanaman jenis ini juga dijumpai nikotin, yang juga diduga berkaitan erat dengan diet tersebut di atas.

Paprika
thestuffedhotpepper.com


Sayangnya, penelitian kesehatan juga belum berhasil menemukan kaitan erat sayuran tersebut dengan penyakit radang sendi. Hanya saja, produk alkaloid yang ada dalam sayuran jenis ini memberikan dampak buruk terhadap serangan arthritis. Seseorang yang telah mengalami serangan arthritis direkomendasikan untuk menghindari konsumsi sayuran tersebut. Jadi, diet ini bukan sebuah justifikasi untuk mencegah penyakit arthritis. Meskipun bagi beberapa orang yang secara keturunan terdapat sejarah penyakit arthritis dapat terbantu untuk mengontrol seleranya.

Dengan segala keterbatasan di atas, agaknya jalan sunnah adalah cara terbaik yang dapat kita jadikan acuan. Agar kita bersikap positif, dan selalu mensyukuri nikmat sendi-sendi yang ada dalam tubuh kita. Sehari-hari, bersedekah dengan banyak hal mudah. Seperti shalat dhuha, yang telah dikabarkan dapat mencakup seluruh sendi manusia. Abu Dzar radhiyallahu 'anhu juga telah mengabarkan dari rasul . Tentang banyak perbuatan makruf yang dapat menjadi alternatif, seringan menyingkirkan duri dari jalanan (hadits ke 4564 sunan Imam Abu Daud).

2 Komentar: