Smiley

8:00:00 AM
0
Tampak lebih muda dari usia Anda adalah bagian kebanggaan yang tidak mudah dilupakan. Sekali saja ada yang mengatakan kepada Anda, bahwa seolah Anda tidak bergerak bersama waktu, Anda akan semakin banyak tersenyum. Meskipun dalam sehari itu, Anda sempat disetrap Boss karena pekerjaan yang salah dalam penilaiannya. Jadi, apakah ini hanya masalah visualisasi umur pada tubuh Anda?

Boleh jika kita katakan demikian. Karena kunci utama terlihat awet muda adalah penampakan Anda. Kulit yang tetap sehat dan elastis memberikan kesan, bahwa Anda sedang berada di dunia lain. Bukan pada usia Anda sekarang. Mengurangi beban pencernaan Anda, adalah satu dari banyak kunci untuk membuat kulit tampak sehat. Sebaliknya jika Anda paksakan makanan apapun seperti junk food dan makanan penuh gula menaklukkan Anda, kulit akan terlihat kusam dan berkerut.

Wortel, Paprika Merah, Stroberi, Anggur, Bawang Bombay, Alpukat, Minyak Zaitun, Apel, Kentang, dan Ikan masuk dalam daftar makanan yang mempunyai pengaruh baik pada kesehatan kulit. Atau secara esensi, sumber makanan dengan kandungan vitamin A, Beta-karoten, Vitamin E, Vitamin B-kompleks, Vitamin C, Silica dan Zinc. Dengan memasukkan daftar tersebut dalam menu sehari - hari, secara meyakinkan akan dapat membantu kesehatan kulit Anda.

Dengan dukungan asupan gizi yang baik, dan pola makan yang sehat, Anda dapat menguncinya dengan olahraga rutin. Tidak perlu jadwal yang begitu ketat dalam olahraga. Terbukti, olahraga murah seperti jalan kaki dapat berpengaruh terhadap meningkatnya kesehatan Anda. Hitung langkah kaki Anda, 3000 langkah, lima hari dalam seminggu, maka Anda akan jauh dari resiko penyakit diabetes, jantung, dan stroke. Olah gerak ringan apapun yang dilakukan secara kontinyu dapat membantu metabolisme tubuh Anda menjadi teratur dan seimbang.

Bersepeda Menjadi Muda


Namun yang juga penting bagi Anda, adalah kesehatan jiwa. Selama Anda selalu berusaha untuk tetap bijaksana menyikapi penuaan, memberi dampak positif terhadap ketahanan diri. Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog dari Universitas Yale, Becca Levy, PhD. Berpikir positif terhadap bertambahnya umur, sebagai kematangan jiwa yang terus bertambah, dapat menaikkan angka harapan hidup 7,5 tahun lebih lama.

Otak punya karakter unik dalam menjaga Anda tetap awet muda secara keseluruhan. Beban kerja yang tidak disikapi dengan baik dapat memicu stress pada kejiwaan. Namun, mengasah otak, seperti disampaikan oleh Dr. Yakov Stern, akan menunjang segala aktivitas Anda dalam menapaki usia. Kepala Divisi Cognitive Neuroscience di Sergievsky Center, Universitas Kolumbia, tersebut menemukan bahwa stimulus otak melalui ilmu pengetahuan, keahlian, dan hobi dapat menurunkan potensi Alzheimer sekitar 35 - 40%.

Dari sedikit uraian di atas, Anda dapat memastikan kehidupan yang lebih sehat dengan fokus pada sikap positif dalam memandang hidup. Terhadap pola hidup yang sehat, jauh dari stress dan kemauan untuk terus berkembang. Tidak ada batasan dalam usia untuk terus membangun mimpi, atau memulai sesuatu yang baru. Adagium bagi seorang muslim, "rajinlah untuk menghadiri Shalat Jamaah di Masjid agar awet muda." Sebulan saja Anda bertahan dalam konsistensi hal sederhana nan murah ini, Anda akan merasa awet muda. Karena lebih dari 50% mereka yang hadir di Masjid adalah para sepuh dan cucu mereka. Jadi, jika Anda tidak setua mereka, apalagi ungkapan yang pantas untuk Anda. Selain kepastian bahwa Anda begitu awet muda dan sehat!

Inilah resep awet muda paling murah sepanjang sejarah umat manusia. Ya, kehadiran dalam setiap panggilan masjid ini memang dapat memberi kesan ''muda''. Coba cari saja di antara jamaah yang rajin hadir. Susah menemukan rekan sebaya, bukan. Bagi para pemuda. Kalau ndak kakek - kakek tua yang sudah kesulitan untuk duduk, pasti anak - anak kecil yang selalu bosan untuk menunggu imam.

Jika mau yang lebih mahal sedikit, ada juga resepnya. Yaitu puasa. Puasa secara fisiologis dapat memberikan rangsangan pada tubuh, berkaitan dengan sel, jaringan dan organ. Efek sampingnya, meningkatkan kepekaan terhadap panca indera (bagus untuk penulis ini, duh!). Selain itu, karena puasa dapat mempengaruhi kerja hormon dalam tubuh, proses biokimia dalam tubuh juga diperbaiki. Semacam detoksifikasi racun juga dapat terjadi selama puasa. Karena batasan kalori yang diasup dalam tubuh memicu pembentukan antioksidan.


Penting juga, bahwa dengan puasa, Anda sedang memperbaiki kerja jantung Anda. Karena selama puasa, kerja jantung cenderung turun. Bisa dibayangkan, kerja mesin kita menjadi ringan. Tak pelak akan menambah garansi mesin. Toh, jantung tidak bisa ditukar dengan yang baru dengan memanfaatkan garansi. Kecuali Anda orang kaya!


0 Komentar:

Posting Komentar